Cara Jitu Menanam Durian Montong Agar Cepat Berbuah

Gambar: http://www.pktradingthailand.com/6403/fresh-durian-monthong-from-thailand.jpg

Cara Jitu Menanam Durian Montong Agar Cepat Berbuah – Siapa yang tidak mengenal buah durian? Buah durian ini memiliki ciri khas dari aroma bau yang dihasilkan buahnya sangat tajam. Untuk memelihara jenis tanaman ini bisa dibilang tergolong mudah dan tanaman ini membutuhkan jangka waktu untuk menghasilkan buah yang lebat. Di Indonesia sendiri banyak sekali kita jumpai jenis-jenis dari buah durian. Rasa enak dan aromanya yang khas inilah yang menjadikan buah durian sebagai salah satu buah favorit di masyarakat.

Di Indonesia sendiri cukup baik pangsa pasarnya atau bahasa lainnya banyak yang ingin membelinya. Hal ini memberikan peluang cukup besar untuk membuat usaha membudidayakan bibit durian montong. Durian montong ini memiliki rasa yang sangat enak dan memiliki daging tebal dibandingkan dengan jenis-jenis durian pada umumnya. Ada beberapa cara yang harus Anda ketahui agar budidaya bibit durian montong berbuah lebat. Dimulai dari bagaimana cara penanaman, melakukan perawatan, sampai dengan proses pemanenan. Untuk varietas montonng juga ada beberapa jenis, walau Anda memiliki bibit yang bagus namun cara pemeliharaan yang jelek, maka buah yang dihasilkan juga akan menurun. Yuk simak dibawah ini Cara Jitu Menanam Durian Montong Agar Cepat Berbuah, diantaranya:

 

  1. Pemilihan Bibit

Dalam budidaya kita tidak lepas dengan pembibitan dan anda harus memiliki kemampuan memilih bibit yang berkualitas. Ada 2 cara untuk mencari varietas yang bagus dan unggul, anda membuatnya atau anda membelinya.

 

Membuat benih.

Membuat benih bisa anda mencangkok bagian tanaman durian yang anda perhatikan berproduksi bagus. Anda juga bisa membibitkan mulai dari biji, namun juka anda menanam dari biji ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Jika anda memulai menanam dari biji mungkin berbeda sifat dengan induknya, jadi harus ekstra membuat pembibitan secara benar agar kualitas yang dihasilkan akan bagus.

 

Membeli bibit durian.

Jika anda tidak ingin repot dan ribet, mungkin pilihan ini cocok untuk anda. Membeli bibit pada toko pertanian atau anda bisa lengsung ke penjual bibit. Tentunya disana tersedia beberapa jenis varietas durian montong yang secara masal di bibitkan oleh mereka. Biasanya bibit yang anda akan beli memiliki sartivikat yang sudah teruji produksinya.

 

  1. Menyiapkan Media Tanam

Media tanam yang baik kan mendukung durian montong anda tumbuh dengan sehat. Seharusnya kita memberikan unsur hara yang cukup dan media tanam yang di inginkan oleh pohon durian. Perhatikan dan cek dari sekarang mulai dari tanah, pH asam dan basa tanah, pengairan, hingga saat panen.

 

  1. Membersihkan Lahan

Bersihkan gulma (rumput) dan bebatuan yang akan kita jadikan lubang tanam. Tanaman durian yang akan kita tanam ini masih kecil, jangan biarkan tanaman ini bersaing dengan tanaman lain yang akan mengganggu pertumbuhan durian montong anda.

 

  1. Membuat Bedengan

Buat lah bedengan dengan ukuran 30 cm, anda bisa menggunakan cangkul dalam langkah ini, buat tanah yang akan ditanam menjadi gembur. Campurkan tanah yang gembur tersebut dengan pupuk kandang, pupuk kompos dan lebih bagus lagi jika anda menambahkan pasir atau sekam padi kedalam campuran media tersebut. Ukuran bedengan yang cocok untuk tanaman anda lebar 1 m dan panjang 2 m, dan dosis pupuk sebanyak 5 kg. Campuran media tanam anda harus didiamkan terlebihdahulu selama 5-7 hari untuk bisa dipakai.

 

  1. Perhatikan Jarak Antar Tanaman

Ukuran jarak antar tanaman yang bagus antara 19-12 meter. Luas lahan yang digunakan sangat berguna sekali ketika tanaman anda sudah besar apalagi ketika tanaman sudah mulai berbunga dan berbuah.

 

  1. Cara Menanam yang Benar

Saya anggap anda sudah memiliki bibit dan membuatnya siap untuk ditam. Biasanya bibit durian yang sudah siap untuk ditanam memiliki ukuran tinggi 75 cm sampai 160 cm. Hati-hati ketika anda menanamnya, karena anda bisa merusak tanaman tersebut. Jika tanaman anda dalam polybag maka sobek terlebih dahulu menggunakan pisau dan jangan sampai melukai perakaran, biarkan tanah yang menempel dalam perakaran, tanah yang menempel di perakaran berfungsi sebagai pembantu adaptasi bibit durian pada lingkungan barunya.

Penanaman yang di perlukan dengan mengubur pada batas leher batang. Tutup bagian atas bedengan dengan jerami kemudian siram. Tidak sampai disitu, anda juga harus membuat nanguan agar tanaman durian anda tidak kering dan tidak mati, pastikan kelembaban yang sesuai pada media.

 

  1. Pemeliharaan Pohon Durian Montong

Dalam tahapan baru ini mengkin tanaman kita sedikit manja dan membutuhkan perhatian anda. Perlakuan yang anda berrikan agar perawatan ini bisa dilakukan dengan baik maka anda harus melakukan penyiangan secara perkala. Penyiangan dapat mencegah persaingan yang dapat menghambat tanaman anda.

Bila anda ingin memiliki bibit dari Durian Montong ini, dapat menghubungi Mulyomakmurtani.com di bawah ini:

Pak Ahmad Dahlan (0852.2885.0826 | 0856.4327.5121)

Kami siap melayani pemesanan dengan PARTAI KECIL/BESAR

HUBUNGI KAMI SEGERA UNTUK INFORMASI LEBIH LENGKAPNYA